Jeruk Doren Makanan Khas Gayo Lokop Serberjadi

image

Jika sesuatu yang di konsumsi tersebut berupa minuman atau nasi yang difermentasi sudah sangat lazim. Nah, bagaimana dengan doren (durian-red) yang di simpan di tempat kedap udara (peram: Gayo) dan di konsumsi menjadi lauk bersama nasi dan sayuran (Poen:Gayo Serbejadi), ikan dan pengganti jeruk untuk sayuran berkuah juga sebagai pengganti cecah?.
Saat Lintas Gayo menuju kecamatan Serbe Jadi dari kecamatan Peunaron, Jum’at (2/3/2012), telihat ibu-ibu sedang berkumpul melihat isi karung yang di bawa oleh 2 orang lelaki separuh baya yang ternyata adalah setumpuk Jeruk Doren yang telah di kemas dalam plastik dan di jajakan seharga 10.000 rupiah untuk setiap kemasannya.
Jeruk doren merupakan makanan yang di olah dari buah durian yang di ambil bijinya dan di peram di tempat yang kedap udara tanpa campuran apapun (alami) untuk selanjutnya di konsumsi sebagai teman lauk, sedikit kami coba mencicipinya, asam dan aroma duriannya sedikit terasa asing.
Sang penjaja makanan khas saat musim durian, Jemada aman Lisma tersenyum saat melihat kami mencicipi jeruk Doren. Lalu menjelaskan dari namanya saja sudah bisa menebak apa rasa makanan tersebut “Kita melalui proses fermentasi selama 2 hari dan selanjutnya siap di jual,” jelasnya.
Adapun pemasaran Jeruk Doren ini terbilang mudah karena biasanya ibu-ibu sangat menyukai makanan khas daerah mereka ini sebagai pelengkap masakan.
“Biasa saya menjajakannya langsung ke desa-desa terdekat dan ini adalah makanan khas musiman,” pungkasnya dan melanjutkan aktivitas melayani pembeli dagangannya. (Konadi Adhani/Red.03)

Iklan
By Wien Aula Posted in Budaya

Kebiasaan lama terulang kembali

Hal yang sulit merubahnya bagiku adalah ketika berjumpa teman lama kebiasaan buruk datang lagi, yang mana selama ini ibadah lima waktu tidak ketinggalan jadi kobong di saat bersama teman, kemudian merokok lagi, padahal jauh hari saya sudah meninggalkan kebiasaan puruk ini yang hanya menghamburkan uang dan kesehatan menjadi berkurang. Namun saya belum bisa menolak tawaran teman meski sesak dada ini rasa nya tetap saja saya hisap itu racun.

Mungkin kalau di pikir terkadang lebih baik di dunia baru yang tidak kenal sama sekali dengan kita namun kita bisa menjaga diri, setidaknya kita bisa menolak tawaran kalau yang tidak bagus menurut kita. Ini fakta yang saya rasakan begitu adanya. Sangat jelas bagi saya merokok adalah kebiasaan yang tidak bagus, maka dari itulah saya mencoba untuk meninggalkannya yang sudah berjalan kurang lebih tiga bulan dan alhamdulilah bisa. Tubuhku terasa enteng tanpa asap rokok kutau, namun ternyata aku belum bisa total berhenti setelah aku berkunjung ke tempat sahabat lama aku di purwakarta. Dengan sangat mudahnya aku terima tawaran rokok dari mereka dan tanpa ada sedikitpun kata menolak pada akhirnya penyesalan juga membayangiku badanku ikut loyo, bibirku kering, nafasku terasa tersendat,   dadaku sesak.

Sulit bagiku untuk jujur pada mereka kalau saya sudah meninggalkan kebiasaan tersebut. Mungkin ini kekalahanku belum bisa menolak tawaran yang pada dasarnya hanya merugikan diriku sendiri. Pesan buat temanku yang mampir dan membaca tulisan ini  mungkin kalian harus tegas dan jujur untuk kebaikan kalian. Dalam kasus ini seandainya kalian merasa kebiasaan lama yang tidak bagus tinggalkanlah dan jika temanmu menawarkan untuk mengulanginya lagi maka katakanlah tidak dengan tegas dan jujur insyaallah temanmu akan mengerti kondisimu. Perlu di ketahui teman yang baik adalah teman yang memaksakanmu berbuat ke jalan kebaikan bukan sebaliknya memaksamu ke arah keterpurukan. Salam aulramos

image

By Wien Aula Posted in Budaya

Mencari Kerja DI Google

10850822_329421827242647_1118539500_nEntah jodoh entah bagaimana setiap saat saya mencari kerja diterimanya selalu saja di bagian Barber shop.  kali ini memang agak beda dari sebelumnya, kalau tempat kerja saya sebelumya sederhana, tidak terlalu mewah-mewah gitu. kendati pun demikian cukup lah untuk makan dan sisanya menabung :). Sebenarnya saya sudah jenuh kerja sebagai pemangkas rambut tapi mau gimana lagi, saya melamar kerja di bidang yang  lain tidak diterima. Berapa banyak sudah saya masukin lamaran ke berbagai perusahaan di bandung, tetapi tidak ada yang mau memberikan kesempatan untuk saya sebagai karyawan nya. Tapi saya tetap semangat gan,, meskipun saya hanya bisa berkreativitas di bidang pangkas rambut penting halal, daripada mencuri dosa kata pak ustad :D. Semenjak net tempat saya kerja mulai sepi dan horor dari sinilah saya memulai mencari kerja di google alhasil saya dapatnya di berniaga yah itu tadi gan Barber shop, langsung aja gua sms itu nomor yang tercantum di lowker nya gan dan saat itu juga sms saya di balas dan kemudian menyuruh saya datang tanggal 2 jam 14.00 wib ke alamat jalan abdurrahman shaleh untuk interview dan uji coba. Karna kebetulan hari jum,at saat itu juga saya berangkatnya minus jam yang di jadwalkan alasan nya karna selain jalan suka macet-macet cuaca juga lagi musim hujan.

Tiba di tempat yang di tuju saya tidak langsung ke TKP gan, tetapi saya hanya sekedar tahu dulu lokasinya dan kemudian saya pergi untuk mencari tempat perteduhan.yaitu Halte karna saat itu saya melihat tak ada orang saya pikir tunggu disana aja sembari menunggu sholat jum’at. Nah disinilah saya jumpa dengan kakek yang udah tua yang lehernya bengkak gitu gan, kasihan saya lihatnya.. pendek cerita kakek tersebut akan mau ke padalarang cuman beliau tidak punya uang untuk naik angkot, saya tau bahasa beliau meski tidak secara langsung mengharap saya berbaik hati untuk memberikan sedikit rizki kepadanya. Tetapi bukan maksud saya tidak ingin membantu, saya juga saat itu dalam kondisi genting ga, dimana motor yang saya bawa milik temen di net, terus helm milik tetangga servis printer depan net, kemudian uang saya pinjam sepuluh ribu dari ibu kontrakan net. memang sangat kejam dunia ini gan,, terkadang saya sedih dengan keadaan saya ini tetapi mau gimana lagi gan perjuangan harus tetap di lanjutkan.

karna waktu sudah dekat sholat jum’at maka saya bergegas mencari masjid terdekat, dan bersiap untuk memenuhi kewajiban, kesabaran harus saya kedepan kan demi saya mendapat pekerjaan yang layak. sebelum saya ke lokasi kerja tadi sedikit saya ceritakan sholat jum’at waktu di masjid cukup berbeda dan baru saat itu saya mengalami sholat yang berbeda dari yang pernah saya lakukan, dimana rukun jum,at adjan du kali sudah biasa, bacaan sholawat seorang bilal pasca naik khatib ke mimbar, dan khotib yang tidak memberikan dakwah tetapi hanya sekedar doa inilah yang mungkin pertama kali saya merasakan, dalam hatiku ini aliran apalagi kok beda banget gitu? udahlah dalam hatiku laksanakan saja yang penting niat sudah tertanam dalam batin untuk menghadap yang kuasa.

Sempat juga saya berteduh di pohon rindang gan karna saya pikir kalau buru-buru ke TKP maka kemungkinan besar pemilik barber shop nya belum datang, yaudah saya tunggu aja dulu sambilan nyantai dulu, hujan pun turun gan dan saya putuskan langsung ke TKP dan sempat sempatnya saya makan baso keliling saat itu gan. sisa uang di kantong saat itu hanya empat ribu gan itu juga sisa setelah saya mengisi bensin motor. jumpa dengan pemilik barber lalu interview dan uji coba pangkas rambut alhasil saya di terima dengan senang hati saya ucapkan alhamdulilah dan terimakasih. semoga disini saya betah gan, dan bisa menabung semoga keinginan yang saat ini bisa saya dapatkan dari pekerjaan baru yang nantinya akan saya geluti amin :).

Belacan & Empan

Ketika belacan di korelasikan dengan empan maka lengkaplah sudah citra rasa bumbu makan siang ini,  dan hanya butuh sayuran sebagai pelengkap nya,, tidak perlu repot lagi membeli lauk lain karna pada dasarnya belacan itu juga terbuat dari ikan depik yang telah di fermentasikan sehingga di sebutlah namanya menjadi belacan. Mungkin di kalangan masyarakat Gayo pada khususnya bumbu makanan ini sudah tidak asing lagi karena kesederhanaan nya dan kesedapan nya yang membuat nafsu makan bertambah,  bumbu makanan ini sangat sering di jadikan untuk memasak masam jing dan lalapan yang sering di sebut cecah, apakah yang tersimpan di balik kesedapan bumbu makanan ini?? disini saya akan menjelaskan rahasia di balik sedapnya bumbu makanan ini

Belacan adalah olahan yang terbuat dari ikan depik kemudian di kemas dalam daun pisang lalu di fermentasikan, pembuatan nya sangat sederhana awalnya tangkapan ikan depik di rebus dulu, kemudian di tumbuk dengan menggunakan lusung. di tambah dengan racikan bumbu yang telah di siapkan sebelumnya, kemudian di kemas ke dalam daun pisang. setelah itu barulah di fermentasikan. Belacan sendiri banyak di dapatkan di daerah lain hanya saja bedanya kalau di Gayo menggunakan ikan khas danau laut tawar yaitu ikan depik. kalau di daerah lain lebih kepada ikan udang.

Lalu empan adalah tumbuhan yang menjadi pelengkap rasa makanan di Gayo, atau kalau di daerah lain di sebut sebagai andaliman yaitu buah dari tanaman berduri mirip biji merica. Empan (Zacanthopodium) termasuk dalam keluarga jeruk dengan nama latin Zanthoxylum. Dalam bahasa Mandarin, empan alias andaliman dikenal dengan nama huajiao, orang Jepang menyebutnya sebagai sansho. Begitu juga dengan orang Korea, mereka menyebutya sebagai sanchonamu. Dalam bahasa Inggris, andaliman dikenal dengan istilah sichuan pepper.

Masakan Gayo tanpa empan dianggap belum sempurna. Kenapa? Empan adalah penyedap alami yang dapat memancing selera makan. Jangan kaget, rasa empan itu unik. Ketika bijinya dikunyah, lidah kita bisa mati rasa. Bibir seperti bengkak, mulut kebas. Kita ingin makan dan terus makan. Empan itu sendiri tidak dibudidayakan secara khusus. Sichuan pepper ini  tumbuh sendiri di kawasan hutan hujan tropis. Para petani dan warga Aceh Tengah memetik empan dari hutan belantara disekitar ladangnya. Empan alias andaliman ini hanya dapat dibeli di pasar rakyat.

Nah ketika makanan masam jing atau makanan lainnya di beri belacan dan dikorelasikan dengan empan,, maka minat makan anda akan drastis meningkat, ketika makanan itu di sajikan di meja makan, belum di cicipi air liur kita tak terasa keluar sendiri itu dirasakan dari wanginya dan tampilannya yang luar biasa menggugah rasa.

♥∂∪⌊90

photo tempo.co

photo tempo.co

Pengalaman di Atmosphere Network

Di warnet merupakan profesi ke dua selama saya di Bandung ini, awalnya saya dipadalarang indah, bekerja sebagai tukang pangkas rambut tepatnya di daerah cihaliwung, padalarang, kabupaten bandung barat, pofesi ini saya geluti tidak begitu lama hanya kurang lebih 3 bulan,,karena tidak ada keseimbangan antara pendapatan dengan pengeluaran maka saya memutuskan untuk mencari pekerjaan yang lain. saat itu saya kebetulan suka cari lowongan kerja lewat internet melalui grouf yang dinamai lowongan kerja bandung jawa barat..hampir setiap harinya saya update di grouf tersebut, dan kebetulan saat itu saya mendapat informasi bahwa atmosphere network lagi membutuhkan karyawan, langsung saja saya hubungi kontak yang telah tetera di rilis lowongan tersebut. setelah di hubungi via sms langsng di balas oleh pemiliknya dan saat itu juga saya di suruh datang interview,, awalnya saya minta esok harinya. tapi berhubung pemiliknya tidak punya banyak waktu diwarnet karena kerja di bandung maka dia meminta saya datang saat itu juga, kemudian saya langsung menyimpan alamat nya dan bergegas menuju TKP 😀 ternyata perjalanan dari padalarang ke bandung itu tak semudah yang di bayangkan.. jalan pada macet terbayang gak perjalanan yang dekat tapi membutuhkan waktu 3-4 jam. inilah bandung dengan khas kemacetan nya wkwkwkwk

Padalarang indah (KBB)

Padalarang indah (KBB)

Saya berangkat saat itu dari padalarang sekitar jam 3 sampai di bandungnya udah magrib,, saya memakai jasa transportasi angkot pada saat itu. lalu timbul pertanyaan kok tidak pakai kereta api saja? selain praktis cepat sampainya.. sebenarnya saya sudah beli tiket kereta api dulu, berhubung kereta api di bandung punya jadwal keberangkatan yaitu pagi siang malam, hanya beroperasi sekali saja untuk daerah padalarang ke bandung, ya jadinya saya gak bisa naik kereta api, tadi nya saya kan berangkat jam 3 mana mungkin saya bisa ubah waktu dari jam 3 mundur ke jam 1, dan mana mungkin saya bisa ubah waktu dari jam 3 ke jam 7 malam,, kagak masuk akal kan… di situlah makanya saya memutuskan naik angkot. miris kan 😀 😀 😀

Sesampainya di TKP saya udah magrib dan saat itu ada yang lagi interview, saya menunggu giliran setalah saya interview singkat cerita saya langsung di terima menjadi operator dan besoknya saya langsung kerja tentunya setelah kesepakatan antara pemilik dan saya yang akan mau kerja. kemudian saya langsung pamitan pulang, tapi pemilik warnet melarang saya pulang, karena malam di atas jam 9 malam udah gak ada lagi kereta api ke padalarang, dalam hatiku berpikit betul juga.. maka saya putuskan untuk menginap di warnet seharian barulah besok paginya say menjemput pakaian saya yang masih tinggal di padalarang. sampai di padalarang saya mengemasi pakaian saya dan kemudian pamitan kepada teman saya, serta merta meminta suport dan doa..Balik lagi ke warnet, mulai dari situlah saya resmi menjadi keluarga atmosphere network. Dan keseharian saya selalu familiar dengan komputer.. disinilah juga saya memulai semua kehidupan dunia maya mulai dari googling, bloging, chating, streaming, geaming, dan lain sebagainya..

Punya pengalaman baru tentu sangat menyenangkan kan? tetapi ada kesan yang tidak menyenangkan juga lo,, singkat cerita gua punya rekan kerja yang aneh dari yang teraneh selama pengalaman saya bekerja dimanapun itu. rekan kerja gua yang satu ini orang nya pemalas banget, tidak disiplin. memang sih dia senior disini dan sudah cukup lama kerja disini, tetapi seharusya dia menjadi contoh la buat pekerja baru, ni malahan dia tunjukin sifat buruknya,, apa aja yang gua tidak suka dari dia berikut saya jelaskan
1. Dia pemalas, jangankan mengurus warnet, ngurus diri sendiri aja dia udah gak beres.. jarang mandi, pakaian juga jarang di ganti, lo bisa bayangkan gak gimana rasanya gak mandi selama 2 mingguan. cape dehh
2. Dia orangnya tidak disiplin. kerja sesuka hatinya tidak tepat waktu jaga warnet, di saat jam kerjanya dia sering tidur, tapi di saat jam kerja saya dia tu tetap on, dan bermain game aneh kan?
3. Dia tidak suka canda candaan, jangankan canda buat senyum aja susah.. horor banget deh pokoknya 😀
4. Dia jarang merekap pembukuan dari warnet bahkan di saat kerja dia tidak peduli dan cuek dengan kerjaan nya, kalau sudah keasyikan maen game. kebayang gak sih orang seperti dia?
5. Dia sering bawa masalah pribadinya ke warnet. ni yang sering saya mau gampar dia, bayangin aja dia punya masalah sama pacarnya lo kok marah marah di warnet pake banting banting kursi dan lain sebagainya.
6. Udah dulu ya tentang dia sakit kepala gua bahas tentangya yang ada gua juga ikutan stress.. sebenarnya masi banyak sih yang harus gua cerita tentang kekanakan dia. tapi gua gak tahan pingin gampar dia kalau terus terusan bahas orang tersebut.

Selain itu gua punya bos yang merupakan pemilik warnet ini sangat baik jarang marah, jangankan sama saya yang baru, sama yang lama aja dia jarang marah bahkan sama si oraang aneh yang gua cerita barusan juga bos ini tidak pernah marah walaupun kelakuan nya kayak anak anak sekalipun. inilah makanya gua juga betah disini meski gaji yang tidak sesuai alias tidak UMR bandung tetap saya pertahanin, mumpung ada fasilitas gini saya juga tidak mau sia siakan untuk terus belajar. udah gitu aja ceritanya lain kali saya sambung lagi ocehhhh!!!

Suret ken Ama

My father

My father

Bagiku Ayah adalah idolaku, semua kebaikanmu dan jasamu kepada kami tidak bisa serta merta kami balas, di hari yang bahagia ini, hari Ayah sedunia aku anakmu hanya ingin mengucapakan banyak terimakasih atas segala pengorbananmu terhadap kami anakmu, ingin rasanya di hari yang indah ini ku jabat tanganmu dan kupeluk tubuhmu untuk ucapakan kata maaf sedalam dalamnya atas prilaku kami  selama ini yang sering membuatmu kecewa, dan sakit hati. kami sadar sebagai seorang anak kami mungkin terlalu egois, hanya ingin menang sendiri tanpa pikir panjang atas segala perintah dan saranmu terhadap kami.

Ayah, pada bulan desember nanti tepatnya tanggal tujuh belas, umurku sudah genap 24 tahun, tak terhitung berapa kali aku membantah perkatanmu,tidak menghiraukan saranmu, bahkan pernah menghinamu. aku sangat menyesali akan hal ini, kini aku hanya bisa meminta maaf sebanyak banyaknya dan mendoakanmu dari perantauan ini, lama sudah  aku  ingin membahagiakanmu Ayah hanya saja saat ini aku belum mampu, terkadang aku berpikir hinakah diri ini yang sudah seumuran begini belum mampu memberikan hal yang berguna kepadamu, tapi Ayah jangan khawatir anakmu akan tetap berjuang dan berdoa agar keinginanku untuk membahagiakanmu di dengar oleh tuhan dan segera mengabulkannya.

Demikian surat singkat ini semoga Ayah di sana dalam keadaan sehat walafiat dan tetap sabar menghadapi ujian sebagai seorang Ayah yang memikul tanggung jawab besar, titip salam buat ibu tercinta disana, anakmu disini sangat merindukanmu, semoga Ibu juga dalam keadaan sehat amin.. doakan anakmu di perantauan ini semoga sukses dan akan segera membahagiakanmu (dari anakmu Wien Aula)

♥∂∪⌊90

Aman Dimot Pahlawan Pemberani

Photo Aman Dimot paling sudut kanan yang ada tanda silang

Photo Aman Dimot paling sudut kanan yang ada tanda silang

Hari pahlawan adalah hari yang bersejarah bagi warga indonesia tepatnya pada Sepuluh November ditetapkan sebagai hari pahlawan di indonesia, maka sebagai rasa penghormatan akan perjuangan para pahlawan nya dulu, akan di adakan upacara tertanggal sepuluh november tiap waktunya. Bangsa indonesia di kenal dengan bangsa yang cinta terhadap sejarah para pejuang yang telah berkorban untuk mengisi kemerdekaan tanah air ini. sebuah kutipan mungkin kurang lebih isinya “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan nya” begitulah kutipan yang harus di cerna dan di ambil hikmahnya. Begitu banyak pejuang bangsa ini yang gugur di medan perang melawan penjajah yang pada saat itu ingin menguasai tanah air ini. tapi dengan segala perjuangan dan kerja keras pejuang kita penjajah bisa terusir, patut lah kita bersyukur akan hal ini dengan doa serta kerja nyata untuk kemajuan bangsa ini. masing masing wilayah pada saat itu mempunyai hero atau pahlawan,  tidak terkecuali di Gayo ada banyak pahlawan salah satunya adalah Abubakar Aman Dimot

Pahlawan yang satu ini berasal dari wilayah tanoh Gayo Aceh Tengah yang di kenal pada saat itu orang yang kebal, tidak di makan peluru dan pijakan tank milik Belanda. Aman dimot lahir di Tenamak Kecamatan Linge sekitar tahun 1900, dia merupakan seorang pejuang pemberani yang tergabung dalam pasukan Barisan Gurilla Rakyat (Bagura) yang dikomandani oleh Tengku Ilyas Leube. Saat berlangsungnya Agresi Militer Belanda pertama, seluruh pejuang Aceh dengan sukarela menuju ke front Medan Area untuk menghalau pasukan Belanda yang ingin menduduki kembali wilayah nusantara.

Menurut AR Hakim Aman Pinan (dalam Buku Pesona Tanoh Gayo, 2003), taktik perang gerilya yang digunakan para pejuang asal Aceh tersebut dalam menghadapi Belanda di front Tanah Karo Sumatera Utara belum mampu menghentikan laju pasukan Belanda. Pertempuran yang berlangsung di Kabanjahe Tanah Karo itu tidak kunjung berakhir, meskipun dari kedua belah pihak sudah banyak jatuh korban jiwa. Belanda terus menambah pasukan bantuan untuk mengalahkan gerilyawan yang selalu menghalangi jalan mereka untuk kembali menguasai Indonesia.

Pada tanggal 30 Juli 1949, pasukan Bagura dan Mujahidin yang diperkuat oleh 45 orang dengan persenjataan senapan dan kelewang mengintai konvoy pasukan Belanda yang diperkuat 2 tank dan 25 truk. Diantara anggota pasukan pengintai itu termasuklah seorang “pang” (sebutan untuk orang yang berani dan kebal-bulletproof) yang bernama Aman Dimot. Dia selalu siap bertempur secara terbuka, kapan dan dimana saja.

Mereka sudah mengintai konvoy pasukan Belanda sejak pagi. Begitu iring-iringan mendekat ke kawasan Rajamerahe (Tanah Karo), pasukan Bagura bersama gerilyawan setempat menyerbu konvoy itu dan mencincang pasukan Belanda yang keluar dari tank. Pertempuran jarak dekat itu tidak kunjung berakhir, sementara pasukan Bagura sudah sangat lelah. Komandan pasukan sudah perintahkan seluruh personil untuk mundur, namun Aman Dimot tetap bertahan.

Dengan bersenjatakan kelewang, Aman Dimot kembali mengamuk sambil menebas pasukan Belanda yang dekat dengan posisinya. AR Hakim Aman Pinan (2003) mencatat, cukup banyak pasukan Belanda yang tewas karena sabetan kelewang Aman Dimot, namun tidak ada yang menghitung berapa jumlah pastinya. Tragisnya, karena keasyikan menebas dan membabat pasukan Belanda, tanpa disadari Aman Dimot ternyata dia sudah dikepung oleh bala bantuan pasukan Belanda.

Sejumlah pasukan Belanda yang sedang mengepung Aman Dimot secara serentak melepaskan ratusan butir peluru dari senapan otomatis dan machine gun. Peluru-peluru tembaga yang dimuntahkan dari senapan pasukan Belanda membentur tubuh Aman Dimot, dan dia pun terkulai lemas. Meski peluru itu nyata mengenai tubuhnya, berdasarkan penuturan pasukan Bagura yang selamat, tidak ditemukan bekas luka peluru ditubuh Aman Dimot.

Menyaksikan peluru yang mereka tembakkan tidak melukai tubuh Aman Dimot, pasukan Belanda panik. Mereka khawatir, jika kemudian Aman Dimot pulih dari lemasnya bisa mengamuk dan menebas mereka dengan kelewangnya. Kemudian tubuh Aman Dimot digilas dan diseret dengan tank, ternyata masih juga hidup. Akhirnya tubuh Aman Dimot diletakkan dalam parit, lalu pasukan Belanda memasukkan granat ke mulut Aman Dimot dan meledakkannya. Aman Dimot pun gugur sebagai bunga bangsa pada pukul 12.00 WIB yang akhirnya dikebumikan oleh penduduk setempat di Desa Kandibata Tanah Karo.

Semangat patriotik yang diperlihatkan Aman Dimot diakui oleh semua orang sampai hari ini. Sayangnya, meski sudah diusulkan kepada Pemerintah, toh si pemberani Aman Dimot belum memperoleh penetapan sebagai pahlawan. Dia orang biasa yang memiliki keberanian luar biasa, layak disebut pahlawan. Semoga di hari pahlawan tahun ini, sang pemberani itu mendapat perhatian dari Pemerintah, dan berhak menyandang gelar sebagai salah seorang pahlawan kemerdekaan.

♥∂∪⌊90

INTROSPEKSI DIRI

1469903_494975183951658_160868393_nPentingnya sebuah introspeksi diri lazim harus di miliki setiap orang untuk menyatakan  sebuah kedewasaan sikap, dan sudah seharusnya tindakan itu di awali dengan sebuah penilaian terhadap diri sendiri baru menilai tentang orang lain. Pada prinsipnya manusia itu tidak luput dari sebuah kesalahan pada dirinya, untuk merubah sebuah kesalahan pada dirinya tentu ada sebuah saran dan masukan baik dari keluarga, sahabat dan orang lain yang ada di sekitar kita. kemudian barulah ada sebuah introspeksi diri dari akal dan pikiran kita.

Sebelum panjang lebar membahahas introspeksi diri, lebih baik kita memahami dulu apa makna dari introspeksi tersebut. Di ambil dari wikipedia introspeksi adalah proses pengamatan terhadap diri sendiri dan pengungkapan pemikiran dalam yang disadari keinginan dan sensasi. Proses tersebut berupa proses mental yang disadari dan biasanya dengan maksud tertentu dengan berlandaskan pada pikiran dan perasaan.

Jelas bahwa introspeksi diri sangat penting untuk merubah pola pikir lebih baik, maju dan terhindar dari fitnah terhadap orang lain di sekitar kita. pekerjaan yang sangat buruk adalah ketika kita mengomentari seseorang tentang sikapnya yang tidak baik, tetapi kita sendiri melakukan hal yang tidak baik dan tidak di sukai orang banyak melebihi dari dia. Tentu ini sangatlah keliru, makanya introspeksi diri harus dimiliki orang untuk lebih menjaga sikap.

Saya sendiri membuat tulisan ini karena baru-baru saya mengalami hal ini dan spontan hati saya berontak, alasannya tidak tepat untuk menyatakan sikap orang, terlebih kita sendiri masih belum melaksanakan aturan. memang pengalaman mengajarkan banyak hal tentang sebuah arti kehidupan. bermula saat saya bersama sama kerja di sebuah warnet, kita punya sip kerja pagi dan malam, dan ini rutin perminggunya rolling, namun teman saya ini sepertinya dari awal saya masuk kerja di warnet memberikan sikap dingin terhadap saya, dia tidak senang kalau saya gabung di warnet. yang namanya pekerja baru tentu masih awam, dan tidak kenal sama sekali dengan keadaan dan sistem kerjanya seperti apa. tentunya harus ada orientasi dan masa pengenaan, inilah yang di namakan sebuah proses.Mirisnya teman saya ini tidak peduli akan hal tersebut, bahkan kesan nya dia memakai kelemahan saya ini sebagai senjatanya agar saya stop kerja dari warnet.

Hari demi hari sikapnya tetap saja tidak berubah layaknya bawang merah dan bawang putih, sikapnya selalu dingin sama saya, kalau pun ada baiknya lima banding satu, artinya lima kali dia memberikan sikap dingin dan baru satu kali dia memberikan sikap baik. kalau saya ada kesalahan sudah pasti dia melapor sama pemilik warnet, tapi dia tidak pernah berpikir sama sekali tentang kinerjanya sendiri. kalau saya kaji tentang kinerja dia sepertinya tidak cukup halaman 😀 begitulah ibaratnya betapa banyaknya kesalahan yang dia lakukan. tetapi saya tidak ambil pusing,  saya tetap bawa santai, kendatipun dia tidak bersikap baik saya cukup memberi contoh baik terhadap dia. kata para ilmuwan kejahatan itu di lawan dengan kebaikan, bukan sebaliknya kejahatan di balas dengan kejahatan. itu tidak baik dan sebagai hero layakya pahlawan sejati. sikap buruk itu tidak perlu di tunjukan 😀

Demikian tulisan singkat ini semoga bermanfaat, kesimpulan nya berpikirlah dahulu sebelum bertindak. dan introspeksi dulu diri sendiri baru mengomentari orang.

♥∂∪⌊90

MENU WAJIB CECAH GAYO

Aneka Cecah di Gayo

Aneka Cecah di Gayo

Di Gayo lalapan di sebut dengan cecah, panganan ini di sajikan untuk menu pelengkap  nasi di saat makan, banyak aneka cecah di Gayo mulai dari cecah terong angur (terong belanda), cecah terong padol (chery) cecah ries, cecah kekulit, cecah ungke rimang, cecah depik kering, cecah bajik cecah belacan, dan tidak ketinggalan pastinya sayur rebus sebagai pendamping lalapan ini seperti daun ubi, pucuk labu siam, buah labu siam, dan lain lain

Masing masing daerah tentu mempunyai aneka kuliner yang berbeda beda tapi untuk kuliner gayo yang satu ini sudah menjadi menu yang sering di sajikan orang Gayo pada zaman dulu dan tentunya sampai saat ini masih tetap eksis, Meski cecah Gayo jarang di jual di warung makan pada khususnya tetapi kalau kita bertamu ke rumah salah satu warga di Gayo dan seketika anda di ajak makan bersama, biasanya cecah ini akan di sajikan kepada anda, sangat mudah menemukan nya karena masih banyak pecinta kulliner yang ini. Paling banyak cecah di favoritkan oleh petani saat di kebun atau di ladang cecah ini sudah menjadi menu wajib bagi mereka.

Demikian tulisan ini follow kami https://gayomusara.wordpress.com

♥∂∪⌊90